Pages

Apa itu kecepatan Internet 3.1, 7.2, 14.7 Mbps?


Masih suka bingung kenapa kecepatan internet kamu cuma 100-300 KB(kilobyte) per second(detik) padahal yang tertera pada keterangan provider internet kamu sebesar 3.1 Mbps, mestinya kan bisa lebih cepat, kamu berpikir apa ada yang salah dengan PC, modem, kabel, sinyal, cuaca, tempat dll. mungkin bisa saja hal itu juga mempengaruhi kecepatan internet kamu tapi sebelumnya mari saya jelaskan tentang pengertian Mbps yang simpang siur dan tidak dijelaskan lebih jelas oleh pihak provider internet, mungkin untuk tujuan menarik minat pelanggan, namun jika kita ingin menjadi pelanggan  yang cerdas, kita wajib mengetahui hal ini.

Pengertian Mbps
Mbps adalah kepanjangan dari Mega(M) Bits(b) Per(p) Second(s), adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan bits, bukan byte ya !

Perbedaan Mbps dan MBps
MBps adalah kepanjangan dari Mega(M) Byte(B) Per(p) Second(s), adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan byte.
Perbedaan MBps dan Mbps terletak pada besar kecilnya huruf "B", seperti pada MBps, huruf "B" nya besar berarti kepanjangannya "Byte", sedangkan Mbps, huruf "b" nya kecil berarti kepanjangannya "bits".
Perbedaannya satuan byte dan bits adalah pada ukurannya, ukuran satuan byte lebih besar dari ukuran satuan bits, 1 bits sama dengan 0.125 byte, atau 1 bits dibagi 8 jika diubah ke satuan byte.
Misalnya :
  • 3.1 Mbps/310 kbps/3100 bps = 0.387 MBps/387 KBps Jika satuan bits diubah ke satuan byte berarti dibagi 8, jadi kecepatan 3.1 Mbps sebenarnya kecepatannya hanya 387 KBps maksimalnya, karena biasanya di PC, gadget atau handphone kecepatan internetnya menggunakan satuan ukuran byte bukan bits, sedangkan operator provider internet kita menggunakan satuan ukuran bits.
  • 7.2 Mbps = 0.9 MBps.
  • 14.7 Mbps = 1.83 MBps.
Gimana? sudah mengerti kan sekarang dengan kecepatan 3.1 Mbps, 7.2 Mbps atau 14,1 Mbps yang diinformasikan oleh operator provider internet kita dan bisa memperkirakan berapa kecepatannya :)

23 comments:

  1. Boleh aja, asal cantumkan sumbernya ya :D

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat & jadi tidak dibodohi terus oleh provider..

    ReplyDelete
  3. Trimakasih infonya. Terasa sangat sangat membantu.

    ReplyDelete
  4. Internetan indonesia sangat Lambat dibandingkan negara Tetangga dan Negara Maju, sangat jauh PERBEDANNYA

    ReplyDelete
  5. Semua perangkat jaringan baik itu modem, switch, router, kabel data, dll; tentu akan mencantumkan dalam satuan bit. Karena bit adalah satuan standar dalam PHY (OSI layer 1).

    Begitu juga satuan yang biasa dicantumkan dalam layanan internet menggunakan Megabit bukannya Megabyte, bukan berarti supaya terlihat lebih tinggi, lebih besar atau lebih cepat. Namun ditulis dalam satuan bit karena berdasarkan ketetapan standar yang memang dibuat dan dirancang oleh "orang berpendidikan" (dalam hal ini orang yang ahli dalam perancangan networking), bukan pedagang sayur apalagi buruh kasar.

    Sedangkan IDM menggunakan satuan byte (Kilobyte atau Megabyte) karena perangkat komputer (software/sistem operasi) menggunakan bilangan berbasis 2 (biner) oleh karena itu 1 kilobyte = 1024 byte bukan 1000 byte. Pengen tau lebih banyak lagi silahkan mempelajari bilangan basis 2. Dimana basis 2 juga menjadi dasar dalam komputasi digital (0 = false dan 1 = true atau 0 = low dan 1 = high).

    Jadi siapa yang sebenarnya menjebak?
    Tentu saja yang menulis artikel ini, karena orang yang sama sekali belum tahu soal bit atau byte pada satuan bandwidth internet akan berasumsi kalau operator internet menjebak penggunanya.

    Orang yang kurang wawasan dan menjadi penuntun orang lain yang dirasa lebih rendah lagi wawasannya akibatnya akan sangat berbahaya. Karena sama saja seperti mengajak supaya orang lain jatuh ke lubang yang sama. contoh: http://kuninghijau.wordpress.com/2014/07/18/jangan-kejebak-pada-kbps-atau-mbps/




    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi mana yang lebih cepat ? yang semakin kecil angka nya atau yang semakin besar angka nya? contoh nya 3.1 Mbps dengan 7.2 Mbps mana yang lebih cepat?

      Delete
    2. Yang koment dengan tag Simple Aja itu kenapa? Artikel ini sangat membantu kepada agan2 awam yg belum terlalu paham ttg bandwidth, bukan membuat masalah, sebaiknya anda koreksi koment anda, itu menurut saya kurang pantas. Dan untuk Fs calmira terimakasih artikel anda ini membantu untuk orang2 yg belum terlalu ngerti jadi mengerti tentang bandwidth.

      Delete
  6. Ass.Wr Wb
    Menarik juga arena ini..saya orang awam tentang dunia yang dibicarakan tapi sebagai konsumen dan pengguna teknologi saya juga perlu tahu apa sih MBps dan Mbps. Saya tidak menyalahkan pendapat atau Comment Mr/Mrs/Ms Simple Aja karena apa yang ditulis benar tetapi bagi kami2 yang bukan dari bagian networkingers (maaf kalo istilahnya salah) karena kami dari kelompok pedagang sayur tentunya tidak paham tentang standar istilah dalam dunia itu. Dan bagi pemilik http://kuninghijau.wordpress.com/2014/07/18/jangan-kejebak-pada-kbps-atau-mbps/....juga ada benarnya karena meninjau dari sisi konsumen yang kebanyakan "asal punya uang beli" atau hanya mengikuti tren. Mr/Mrs/Ms Simple Aja yang terhormat hendaknya paham tentang BAHASA MARKETING di negeri ini atau di negeri2 lain. Ketidak tahuan itu akan digunakan untuk menarik konsumen, apabila konsumen tidak jeli ... terjebaklah dia tapi kalau jeli dia akan bertanya sedetail mungkin...nah kalo sudah diberi penjelasan yang sebenarnya dia putuskan beli dan merasa terjebak itu salah konsumen sendiri. JADI menurut hemat saya.. apa yang disampaikan ANDA berdua sangat baik dan sangat menambah wawasan bagi kami2 sebagai orang pinggiran networking . GOOD LUCK

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 thumb up . sama saya juga kelompok pedagang sayur :D

      Delete
  7. Bang kira2 kecepatan internet yg bagus brapa mbps?

    ReplyDelete
  8. Bang kira2 kecepatan internet yg bagus brapa mbps?

    ReplyDelete
  9. Bang kira2 kecepatan internet yg bagus brapa mbps?

    ReplyDelete
  10. untuk nonton youtube dengan kecepatan 1 Mbps saja itu sudah tidak buffering.
    untuk dowload 1 file mp3 yg ukuran rata ratan 5 MB itu kalau mau dowloadnya cuma 1 detik maka kecepatan yg dibutuhkan adalah 40Mbps karena 40/8 = 5MB

    ReplyDelete
  11. ya makasih banyak atas info dan sangat ber arti buat para pemula yang ingin tahu tentangh ini...

    ReplyDelete
  12. huahahahaha mamamkaish ifonya otakku nambah pengalaman lagi sukses selalu untuk yang peduli bagi bagi ilmu ni

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah si pedangan cendol ini ada tambahan wawasan.. Mksh

    ReplyDelete
  14. Saya golongan tukang sayur merasa bahagia bermain internet karena tidak dibikin pusing dengan istilah keren yang kalian perbincangkan. Browsing streaming download tanpa batas sepanjang waktu selama duit jualan sayur masih mampu buat beli quota internet ya have fun aja.
    Sebaliknya kalian yang golongan intelektual mau beli quota 50 ribu aja pake ngitung ini ngitung itu, ngukur ini ngukur itu ahhhh... tua mendadak lu bisa2 hahahaha.

    ReplyDelete